Pada Tahun Pelajaran 2023-2024 SMK Negeri 67 Jakarta Telah menggunakan kurikulum merdeka. 
Berkaitan dengan hal ini, Program Keahlian Multimedia SMK Negeri 67 Jakarta dilebur menjadi Program Keahlian DKV (Desain Komunikasi Visual). 

APA SIH MENARIKNYA MEMILIH PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA ??

 

Multimedia, banyak yang membicarakan bahwa program keahlian ini adalah sebuah program keahlian yang paling mengasyikkan tetapi serius dalam belajar. Bahkan dari teori sampai praktik. Pada umumnya peserta didik yang memilih program keahlian ini mengejar untuk bisa langsung praktik dan dapat berkreasi bahkan sampai ada yang ingin langsung bisa memiliki sebuah usaha dibidang ini.

 

Ruang Lingkup Pencapaian Kompetensi Berdasarkan Skema Sertifikasi KKNI Level II

1. Desain Grafis
2. Desain Grafis Percetakan
3. Animasi 2D
4. Pengolahan Audio Video

 

Ruang Lingkup Pekerjaan di DU/DI

1. Pengembang WEB (WEB Development)
2. Pengembang Multimedia (Multimedia Development)
3. Pengembang Permainan (Game Development)
4. Rumah Produksi Sinema/ Film (Production House) 
5. Industri Media dan Periklanan 

Struktur Kurikulum Multimedia Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 07/D.D5/KK/2018.
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia

MATA PELAJARAN KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
A. Muatan Nasional            
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  2 2 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia  4 4 3 3 2 2
4. Matematika  4 4 4 4 4 4
5. Sejarah Indonesia  3 3 - - - -
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)  3 3 3 3 4 4
  Jumlah A 19 19 15 15 15 15
B. Muatan Kewilayahan            
1. Seni Budaya  3 3 - - - -
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - -
  Jumlah B 5 5 2 2 - -
C. Muatan Peminatan Kejuruan            
C1. Dasar Bidang Keahlian            
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2. Fisika 3 3 - - - -
3. Kimia 3 3 - - - -
C2. Dasar Program Keahlian            
1. Sistem Komputer 2 2 - - - -
2. Komputer dan Jaringan Dasar 5 5 - - - -
3. Pemrograman Dasar 3 3 - - - -
4. Dasar Desain Grafis 3 3 - - - -
C3. Kompetensi Keahlian            
1. Desain Grafis Percetakan - - 12 12 - -
2. Desain Media Interaktif - - - - 13 13
3. Animasi 2D dan 3D - - 12 12 - -
4. Teknik Pengolahan Audio dan Video - - - - 12 12
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
  Jumlah C 22 22 31 31 33 33
  Total 46 46 48 48 48 48

 

Struktur Kurikulum Animasi Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 07/D.D5/KK/2018.
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Desain Komunikasi Visual

MATA PELAJARAN KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
A. Muatan Nasional            
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  2 2 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia  4 4 3 3 2 2
4. Matematika  4 4 4 4 4 4
5. Sejarah Indonesia  3 3 - - - -
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)  3 3 3 3 4 4
  Jumlah A 19 19 15 15 15 15
B. Muatan Kewilayahan            
1. Seni Budaya  3 3 - - - -
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - -
  Jumlah B 5 5 2 2 - -
C. Muatan Peminatan Kejuruan            
C1. Dasar Bidang Keahlian            
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2. Tinjauan Seni 2 2 - - - -
3. Dasar-dasar Kreativitas 2 2 - - - -
C2. Dasar Program Keahlian            
1. Dasar-dasar Seni Rupa 4 4 - - - -
2. Gambar 7 7 - - - -
3. Sketsa 4 4 - - - -
C3. Kompetensi Keahlian            
1. Desain Publikasi - - 9 9 8 8
2. Komputer Grafis - - 7 7 7 7
3. Fotografi - - 4 4 4 4
4. Videografi - - 4 4 6 6
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
  Jumlah C 22 22 31 31 33 33
  Total 46 46 48 48 48 48

 

Struktur Kurikulum Animasi Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 07/D.D5/KK/2018.
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Animasi

MATA PELAJARAN KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
A. Muatan Nasional            
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  2 2 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia  4 4 3 3 2 2
4. Matematika  4 4 4 4 4 4
5. Sejarah Indonesia  3 3 - - - -
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)  3 3 3 3 4 4
  Jumlah A 19 19 15 15 15 15
B. Muatan Kewilayahan            
1. Seni Budaya  3 3 - - - -
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 2 - -
  Jumlah B 5 5 2 2 - -
C. Muatan Peminatan Kejuruan            
C1. Dasar Bidang Keahlian            
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3 - - - -
2. Tinjauan Seni 2 2 - - - -
3. Dasar-dasar Kreativitas 2 2 - - - -
C2. Dasar Program Keahlian            
1. Dasar-dasar Seni Rupa 4 4 - - - -
2. Gambar 7 7 - - - -
3. Sketsa 4 4 - - - -
C3. Kompetensi Keahlian            
1. Videografi - - 6 6 - -
2. Animasi 2D - - 7 7 10 10
3. Animasi 3D - - 7 7 10 10
4. Digital Processing - - 4 4 5 5
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan - - 7 7 8 8
  Jumlah C 22 22 31 31 33 33
  Total 46 46 48 48 48 48