PERINGATAN ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1442 H
SMK NEGERI 67 JAKARTA

 

Pada hari Jumat, 19 Maret 2021, SMK Negeri 67 Jakarta mengadakan kegiatan religi berupa peringatan Isra’ Mi’raj  yang diikuti oleh guru, staf karyawan dan siswa. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring di rumah masing-masing dan dipandu oleh Nasya Nursya'bana Ali dan Dani Alamsyah, siswa kelas X – DKV sebagai master of ceremony.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala SMK Negeri 67 Jakarta, Ibu Martha Lina Nababan, S. Pd. Beliau sedikit menyampaikan sejarah Isra Mi'raj yaitu, perjalanan hijrah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan beliau juga menyampaikan bahwa Isra Mi'raj ini bukan ajang merayakan anniversary, tetapi ini adalah titik awal untuk kita melakukan perubahan, belajar hijrah agar menjadi orang yang lebih baik lagi.

Selanjutnya, acara tilawah yang dibawakan oleh Sabrina Syabani kelas X MM dan Khalisah Nur Setiani kelas X DKV. Bersama kita Mendengarkan indahnya lantunan ayat suci Al-Quran dan makna yang tersirat pada Q.S Al Isra ayat 1, membuat kita sadar akan Kebesaran Allah SWT, yang artinya "Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat."

Setelah mendengarkan Tilawah dilanjutkan dengan membaca Tahlil secara bersama-sama yang dipandu oleh Bapak Tego Sumedi, S. Pdi. Sebagai guru Agama Islam di SMK Negeri 67 Jakarta. Selesai membaca Tahlil disambung dengan tausyiah oleh Bapak Tego, tentang peristiwa Isra’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW dan arti dari nama Bulan Rajab. Dalam tausyiah nya beliau menyampaikan bahwa Bulan Rajab terdiri dari 3 kata huruf hijaiyah yang kita belum ketahui.

  • Ra : Rahmat Allah SWT
  • Jim : Dosa-dosa seorang Hamba
  • Ba : Kebagusan Allah SWT

Penyampaian tausyiah yang komunikatif membuat membuat materi yang disampaikan mendapat perhatian dan terserap dengan baik oleh siswa. Pada akhir materinya, Bapak Tego menyampaikan tentang keutamaan bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan menghimbau kepada siswa untuk memperbanyak amal baik. Beliau juga memimpin doa bersama untuk menutup acara peringatan Isra Mi’raj tahun ini.

Acara terakhir dan untuk penutupan Isra Mi'raj pada hari ini, mengumumkan hasil lomba Adzan, Mtq, dan Da'i yang diikuti oleh perwakilan Kelas X dan dilanjut dengan doa bersama. Dengan dilaksanakannya peringatan Isra’ Mi’raj diharapkan dapat menambah kecintaan kita kepada Rasulullah dan menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

 

Penulis 
TIM Jurnalis SMKN 67 Jakarta